Tempat Wisata di kepulauan Riau

Home » » Tempat Wisata di kepulauan Riau
Provinsi Kepulauan Riau merupakan gerbang wisata dari mancanegara kedua setelah Pulau Bali. Jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung mencapai 1,5 juta orang pada tahun 2005. Objek wisata di Provinsi Kepulauan Riau antara lain adalah wisata pantai yang terletak di berbagai kabupaten dan kota. Pantai MelurPulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Pelawan di Kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan. Kabupaten Natuna terkenal dengan wisata baharinya seperti snorkeling.
Selain wisata pantai dan bahari, provinsi Kepulauan Riau juga memiliki objek wisata lainnya seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah. Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

1. Objek Wisata Pantai Melur 
Pantai Melur merupakan salah satu Objek Wisata Pantai yang direkomendasikan ketika Anda berada di Batam. Pantai yang memiliki lebar 20–30 meter dan panjang garis pantai 100–200 ini berada di kawasan Jembatan V Barelang atau Jembatan Tuanku Tambusai, atau sekitar 45 KM dari bagian selatan Pulau Batam atau di bagian barat dari Pulau Galang. Sehingga akses menuju Objek Wisata Pantai Melur ini sangat mudah di capai.

Akses Menuju Objek Wisata Pantai Melur

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati liburan di kawasan Wisata Pantai Melur, dapat menggunakan jasa taksi atau transportasi umum yang lain yang bisa diambil dari Kota Batam dengan waktu tempuh hanya 60 menit.

Wisata Kuliner Pantai Melur

Kuliner merupakan salah satu hal penting yang pastinya masuk dalam daftar perjalanan Anda. Ketika berada di Pantai Melur, Anda bisa menemukan warung-warung yang menyajikan berbagai hidangan kuliner berupa Seafood seperti Kepiting, Cumi Cumi dan ikan yang diolah dalam beberapa jenis hidangan yang siap disantap. Wisatawan dapat menikmati hidangan kuliner ini ditemani suasana Pantai dengan panorama yang eksotis.
Berbagai aktifitas bisa dilakukan pengunjung saat berada di kawasan Wisata Pantai Melur ini. Para wisatawan bisa melakukan aktifitas renang, bermain pasir putih, berlayar dan kegiatan olahraga pantai seperti sepak bola pantai, voli pantai atau olahraga pantai lainnya. Kontur Pantai Melur yang landai membuat Objek Wisata Pantai Melur ini sebagai tempat yang menarik untuk berenang. Para wisatawan dapat berenang hingga 500 meter tanpa harus takut karena kedalamannya.

Bagi penyuka aktifitas alam terbuka, Objek Wisata Pantai Melur menjadi tempat yang menarik. Pihak pengelola menyediakan sarana wisata berupa Banana Boat yang bisa membuat adrenalin Anda berdecak. Selain itu, Anda juga bisa berburu dan mengoleksi satwa-satwa laut yang tersembunyi disekitar batu-batuan atau di dalam pasir putih.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang Keindahan Objek Wisata Pantai Melur Pulau Galang Batam pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendasi pantai Batam sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Mirota yang juga populer. Semoga bisa menjadi referensi wisata Anda.

2. Pulau Abang 

 

Pulau Abang adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah selatan kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran kurang lebih 2.000 x 5.000 m, dan berjarak lebih kurang 50 km dari daerah Muka-kuning pulau Batam. Pulau Abang ini dapat dituju dengan menggunakan perahu bot atau lebih dikenal bot pompong dari jembatan 6 Barelang (kurang lebih 12 km dari sini).
Pulau Abang merupakan tempat wisata laut yang sedang dikembangkan oleh pemerintah kota Batam dan akan dijadikan salah satu daya tarik program Visit Batam 2010. Selain pantainya yang indah dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias berwarna-warni dan yang dianggap setara dengan pantai Bunaken di wilayah Indonesia bagian barat, wilayah laut di sekitar Pulau Abang dan pulau Petung banyak dikunjungi oleh para penggemar memancing ikan. Jenis ikan yang didapat antara lain adalah ikan selar, lencing, pasir merah, kakap merah, pinang, ikan buntal, dan lain-lain.
Pariwisata pulau Abang sekarang sedang dibangun oleh PT. Huafa Aset Indonesia, yang berkantor di Nagoya Hill, Batam.

3. Pantai Nongsa, Batam 

 

 Kota Batam sekarang menyandang status sebagai kota industry. Sebenarnya kawasan wisata di kota Batam termasuk banyak dan berlimpah tapi kurang mendapat perhatian dari pemerintah kota Batam. Salah satunya adalah Pantai Nongsa.
Pantai Nongsa, sebuah pantai yang berpasir putih dan berair jernih terletak di sebelah Timur Laut-nya Batam. Nama Pantai Nongsa ini diambil berdasarkan nama seorang tokoh Melayu yang pertama kali mengembangkan wilayah pantai ini. Pantai Nongsa ini lebih dikenal dengan sebutan Nongsa Tua oleh masyarakat setempat.
Nah, untuk sampai di Pantai Nongsa ini, para pelancong dapat memakai jasa taksi. Yah, kira-kira 40 menit dari pusat kota Batam dan 20 menit dari bandara kebanggaan kota Batam, yakni Bandara Hang Nadim. Dan ada lagi satu keunggulan Pantai Nongsa ini, yaitu dekat dengan dermaga. Para wisatawan dari Singapura dapat menuju pantai ini dengan menggunakan kapal ferry dari Tanah Merah (Singapore) dan berlabuh di Terminal Ferry Nongsa.
Pantai Nongsa ini menjadi tujuan objek wisata bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang ke sana sekedar untuk menikmati liburan ataupun menikmati keindahan alamnya. Para pelancong dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam di Pantai Nongsa ini. Dan pada malam hari, anda akan disuguhkan dengan pemandangan lampu-lampu gemerlap gedung-gedung pencakar langit yang terpancar dari negara tetangga kita, Singapura.


4. Pulau Penyengat

 

Pulau Penyengat atau Pulau Penyengat Inderasakti dalam sebutan sumber-sumber sejarah, adalah sebuah pulau kecil yang berjarak kurang lebih 2 km dari Kota Tanjungpinang, pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter, berjarak lebih kurang 35 km dari Pulau Batam. Pulau ini dapat ditempuh dari Tanjungpinang dengan menggunakan perahu bermotor atau lebih dikenal pompong yang memerlukan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.
Pulau Penyengat merupakan salah satu obyek wisata di Kepulauan Riau. Di pulau ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah yang diantaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Sejak tanggal 19 Oktober 1995, Pulau penyengat dan kompleks istana di Pulau Penyengat telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia.
.
Share this article :